pranoto mongso

Selasa, 09 November 2010

Rumput Laut Jadi Sumber Energi





JAKARTA - Rumput laut akan menjadi sumber energi altematif selain sinar matahari dan komoditas pangan lainnya. Untuk itu, lahan dan teknologi pengembangan komoditas kelautan tersebut akan ditingkatkan.

"Rumput laut menjadi salah satu komoditas yang akan dikembangkan. Wilayah timur seperti Maluku cocok bagi rumput laut," kata Fadel Muhammad, menteri Kelautan dan Perikanan di Ambon, pekan lalu.

Fadel bersama wakil presiden Boediono mengunjungi Maluku akhir pekan lalu. Fadel juga menyerahkan paket bantuan wirausaha budidaya pemula se-nilai Rp 5,8 miliar.

Kepala Pusat,Data. Statistik, dan Informasi KKP Soenan Poernomo melalui keterangan tertulis mengatakan, rumput laut akan menjadi bahan bakar nabati utama di Indonesia. Selamaini rumput laut hanya digunakan sebagai bahan pangan dan kosmetik.

"Wilayah laut yang luas menguntungkan Indonesia. Kita akan tetap berusaha menjadi produsen rumput laut terbesar dunia setelah tahun," kata Soenan.

Dia mengatakan. Korean Institute of Technology (Khech) akan bekerja sama dengan Indonesia membuat model pemanfaatan rumput laut sebagai bahan bakar di Sulawesi Barat dan Bangka Belitung.

Pemerintah, kata Soenan, optimistis target peningkatan produksi rumput laut meningkat dari 2,6 juta ton tahun 2010 menjadi 10 juta ton tahun 2014.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku Poli Kayhattu, di Ambon, seperti dikutip Antara mengatakan bantuan rumput laut itu merupakan program KKP guna mendorong kesejahteraan masyarakat pesisir.

"Penyaluran bantuan tersebut berdasarkan evaluasi pengembangan rumput laut di Maluku Tenggara Barat yang ternyata prospeknya strategis," kata Poli, (jjr)



Sumber : Investor Daily 09 November 2010,hal.8

Tidak ada komentar:

Posting Komentar