pranoto mongso

Sabtu, 11 Desember 2010

FORUM WANITA TANI "BAMBU RUNCING " PARAKAN




PROFIL FWT BAMBURUNCING
Kecamatan Parakan wilayahnya sebagian terletak di lereng Gunung Sindoro dan lereng Gunung Sumbing dan sebagian besar terletak terhampar persawahan dan tegalan serta sungai-sungai sebagai pengairan dan jalan-jalan transportasi untuk kegiatan usaha baik bidang pertanian dan perdagangan lainnya. Adapun batas-batas wilayah Kecamatan Parakan sebagai berikut : - Sebelah utara berbatasan dengan Kecamatan Ngadirejo - Sebelah timur berbatasan dengan Kec. Kedu & Jumo, - Sebelah selatan berbatasan dengan Kecamatan Bulu - Sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kledung & Bansari.
Wilayah kerja Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan Dan Kehutanan Kecamatan Parakan (BP3K Parakan) Kecamatan Parakan terletak di lereng Gunung Sundoro dan Gunung Sumbing dengan ketinggian tempat berkisar antara 500 s/d 1.200 meter diatas permukaan laut. Ketinggian 800-1.200 m dpl di wilayah Desa Glapansari. Ketinggian 600-800 m dpl di Desa Sunggingsari. Ketinggian 500-600 m dpl di Desa caturanom, Watukumpul. Ketinggian dibawah 500 m dpl di Kelurahan Parakan Wetan, Parakan Kauman, Desa Ringinanom, Desa Dangkel, Desa mandisari, Desa Tegalroso, Desa Traji, Desa Bagusan, Desa Nglondong, Desa Campursalam, Desa Wanu Tengah.
Kelembagaan KWT yang ada di seluruh Kecamatan sejumlah 27 aktif yang mana tiap – tiap mempunyai usaha – usaha di sektor pertanian. Pengembangan kelembagaan ini berasal dari pembinaan – pembinaan yang dilakukan rutin oleh penyuluh wilayah masing – masing. Dengan kegiatan yang ada maka dibentuk suatu forum di tingkat Kecamatan dengan nama “ Bambu Runcing ” dengan dasar sebagai ciri khas Kecamatan Parakan.
Adanya Forum wanita tani ini sebagai pendukung Kelembagaan Pertanian karena dinilai telah eksis dan independen dalam berusahatani, khususnya dalam hal pengolahan hasil, industry rumah tangga, pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan terlantar, dan sektor pemasaran hasil. Tujuan adanya forum wanita tani (FWT) adalah untuk saling belajar dan tukar menukar informasi. Di samping itu dengan adanya forum wanita tani tersebut diharapkan terbentuknya jaringan antar kelompok wanita tani yang telah dibina dan kelompok wanita tani di luar yang sudah ada.
Dengan adanya pembentukan forum wanita tani tingkat Kecamatan maka akan mempercepat transfer teknologi & penggunaan teknologi di masyarakat disesuaikan dengan teknologi apa yang dipakai sehari-hari dalam usaha taninya di sektor - sektor pertanian. Dengan jalan membandingkan teknologi baru dan lama/ lokal lalu dinilai dengan prosentase, sehingga bisa diketahui tingkat teknologi yang diserap. Penggunaan teknologi untuk meningkatkan produktivitas ditempuh melalui program intensifikasi usaha demi mendukung ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama yang berusaha sektor pertanian di Kecamatan Parakan. (MZT14N)

SUSUNAN PENGURUS
FWT BAMBURUNCING PARAKAN
KETUA I : ARIYATI
KETUA II : DEWI ISTANTI
SEKRETARIS I : SITI KHOIRIYAH
SEKRETARIS II : SURATMI
BENDAHARA I : HENI PUJI RAHAYU
BENDAHARA II : FITRI ANINGSIH
SIE SDM : MARTIN PUJI LESTARI
RODHIATUN
ASRIKHAH
SIE PEMASARAN : KIRTI TARBIYAH
ISTIADAH
SITI ROHANAH
SIE USAHA : SOIMAH
WIDAYANTI
SIE KEORGANISASIAN : WAKHIDAYAH
MARFUAH
KUN MARYATI
SIE HUMAS : SRIYATI
ENDANG ERNAWATI
SUTANTI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar