pranoto mongso

Selasa, 21 Desember 2010

" P R A N O T O M O N G S O "



APAKAH DENGAN PERUBAHAN IKLIM DI SAAT INI RUMUS " PRANOTO MONGSO " MASIH BERLAKU ????

kebiasaan / titen / hafalan itulah kata yang tersirat dari benak kita, dari jaman dahulu kala telah berlaku suatu tatanan di bidang pertanian, baik ilmu bududaya, pola tanam maupun hama dan penyakit. keberadaan "kitab" yang sering dipakai dalam dasar budidaya tanaman ini telah berlangsung turun temurun dari nenek moyang dan ternyata ketepatan perkiraan yang mendekati " jitu " tetapi bahkan sangat dipercayai oleh banyak petani di tanah jawa pada khususnya.
dengan keadaan yang hampir berubah total dari tahun - tahun dahulu kala, maka jika dihubungkan dengan pranoto mongso yang ada tersebut sulit untuk diterapkan dalam sistem usaha tani disaat ini. dari beberapa petani yang ada, perhitungan - perhitungan dalam perkiraan untuk usaha tani.
dasar dalam menentukan usaha tani di prediksi dengan cara antara lain melihat potensi pasar baik dari kualitas maupun kuantitas, perkembangan produk - produk benih yang terjual banyak, dan bulan - bulan tertentu yang diperkirakan banyak diadakan acara - acara seremonial sesuai kepercayaan dan adat masyarakat setempat.
(mzt14n)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar